Trik Agar Anak Gampang Tidur Siang

Written by Gyunam on June 19, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Pola tidur yang terjadwal ini akan membantu Anda memastikan jika si kecil memiliki tidur yang cukup. Waktu tidur yang konsisten adalah kunci utama untuk menyusun jadwal tidur harian si kecil yang baik dan terstruktur sejak dini. Ketika berusia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi jam sehari, di mana ia bisa tidur di malam hari sekitar 8-9 jam dan 6-7 jam untuk tidur siang. Jangan sesekali tergoda untuk menaruh bayi di ranjangnya terlalu dini atau kemalaman . Hindari pula jam tidur siang yang terlalu sore karena itu bisa membuat anak susah tidur saat malam harinya.

Jangan takut untuk meminta bantuan dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk anda sendiri di akhir hari. Bayi, anak-anak, dan orang tua memang mereka bersinggungan dalam berbagai macam cara, tidak ada suatu tatanan tertentu untuk mengembangkan hubungan. Ketika menyangkut masalah tidur, banyak keluarga yang mengembangkan dan membuat gagasan yang fleksibel tentang di mana bayi mereka ‘harus’ tidur. Itu melatih anak tidur teratur, dan ini tentang bagaimana mengajarkan anak agar tidur sendiri—tidak dengan ayah atau ibu. Satu yang pasti, menurut Tri untuk melakukannya dengan bahasa persuasif.

Ilmuwan yang khusus meneliti tentang tidur, Dr Monique le Bourgeois menjelaskan, anak-anak yang mengantuk tidak mampu mengatasi tantangan sehari-hari di dunia mereka. Anak yang beristirahat cukup memiliki perilaku yang baik dan lebih bahagia. Anak usia 3-5 tahun rata-rata membutuhkan waktu tidur jam saat malam hari termasuk untuk tidur siang. Anak usia di atas 5 tahun sudah mulai terbiasa memiliki waktu tidur siang yang singkat. Jangan memaksakan jadwal tidur si kecil sesaat setelah membawanya pulang dari rumah sakit.

Tinggalkan ia dengan beberapa mainan atau buku dan berikan ia waktu untuk menenangkan diri. Setidaknya, cara ini bisa menghemat energinya dan membuatnya sedikit beristirahat. Tinggalkanlah ia dengan beberapa mainan atau buku dan berikan ia waktu untuk menenangkan diri. Untuk itu, Anda harus melatih anak untuk bisa tidur sendiri tanpa harus dibujuk. Jika Anda rasa anak sudah mulai mengantuk, ajaklah anak ke tempat tidur dan biarkan anak sampai tertidur sendiri. Anda mungkin bisa memasang musik yang tenang untuk membantu anak cepat tertidur.

Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada gambaran yang lebih besar ketika tiba saatnya untuk bayi Anda yang baru lahir tidur. Mungkin anda membuat mereka tidur di ayunan selama 20 menit sehingga Anda bisa mandi. Mungkin mereka mengambil dot dan terlihat nyaman selama beberapa menit.

Seiring bertambahnya usia bayi, maka jam tidurnya pun akan semakin berkurang. Namun, menginjak usia balita, si kecil mengalami fase tidur siang yang sulit. Oleh sebab itu, pastikan si kecil tidak tidur siang terlalu lama, maksimal 1-2 jam saja. Kalau si kecil tidur terlalu lama bisa membuatnya rewel usai bangun tidur.

Selain membacakan buku cerita, kegiatan mewarnai juga ampuh dalam membuat anak tenang dan cepat terlelap lho Ma! Sifatnya yang dapat membuat pikiran tenang dirasa mampu memanfaatkan perasaan anak dan menjadi obat tidur terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam. Jika waktu tidurnya sama di setiap harinya, anak dan tubhnya tentu akan terpola dan belajar disiplin dengan aturan. Waktu tidur itu juga berlakukan dimanapun ia berada, tak hanya di rumah saja ya, Ma. Tidur terlalu larut atau begadang memang tidak baik dilakukan, ini berlaku bagi orang dewasa atau pun anak-anak.

Yang terbaru, ada kluster ulang tahun di Desa Gumayun, Kecamatan Dukuhwaru,” tutur Sarmanah. ”Mereka yang sudah disuntik vaksin cenderung memiliki gejala ringan ketika terpapar Covid-19. Namun, hal itu bukan berarti seseorang yang sudah divaksin akan terlindungi whole. Mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Hendadi.

Cara agar anak mau tidur siang

Padahal, anak-anak butuh waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Selain memberikan rasa hangat, membedong bayi juga dapat mengatasi refleks terkejut yang membuatnya mudah terbangun. Cobalah untuk memilih bahan kain bedong yang lembut dan nyaman di kulit bayi. Cobalah untuk mulai membiasakan menyusui si Kecil sebelum dan saat si bayi bangun tidur. Cara ini membantu agar bayi dapat tertidur pulas tanpa sering terbangun. Misalnya di usia 2,5 tahun, rata-rata anak harus tidur whole jam dalam sehari.

Jadi, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memfokuskan pikiran untuk segera tidur. Jika Anda sudah mengetahui durasi tidur anak, langkah selanjutnya adalah menetapkan waktu bangun. Sebisa mungkin untuk tidak memberikan waktu lebih untuk bangun pagi hari. Sebab, waktu tidur yang yang berlebih, akan membuat tubuh anak merasa lelah. Agar anak dapat tidur teratur dan lelap, Anda dapat melakukan beberapa rutinitas.

Comments are closed.