Thirteen Suggestions Dan Cara Mendidik Anak Yang Baik, Benar Dan Efektif Di Usia Dini

Written by Gyunam on July 5, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Memasuki usia three tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan terkadang si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal yang regular dalam tahap perkembangan si Kecil. Cobalah untuk menciptakan suasana yang kreatif agar anak merasa tidak sedang belajar. Dengan memakai cara yang lebih kreatif akan membantu perkembangan otak kanan yang akan memudahkan anak dalam belajar membaca.

Bisa dimulai dengan mengajari anak untuk membereskan mainan setelah selesai. Melatih anak untuk bisa memecahkan masalahnya sendiri merupakan cara mendidik anak yang harus ditanamkan sejak dini. Ini merupakan kesalahan yang sudah begitu jamak dilakukan orang tua di negeri ini. Terlalu banyak melarang dengan mengeluarkan kata “jangan” justru akan membatasi kreativitas dan daya eksplorasi anak. Sebagai orang tua, kita wajib mengarahkan dan membimbing anak untuk bisa menjadi sosok yang cerdas, ramah, rajin beribadah, dan mandiri.

Jika digunakan di kamar mandi, produk yang diperlukan adalah yang waterproof. Anda tentu akan kesulitan mempertahankan alat belajar alfabet agar tidak basah jika hanya terbuat dari kertas, bukan? Terlebih, produk tersebut akan mudah robek bila terkena sampai basah.

Di dalam dunia kesehatan, terdapat dua istilah yang digunakan untuk menggambarkan anak yang mengalami kekurangan gizi yaitu stunting dan wasting. Stunting adalah kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Sedangkan losing adalah kondisi di mana seorang anak memiliki berat badan yang jauh lebih rendah dibandingkan anak-anak lain seusianya. Anak- nak yang mengalami stunting ternyata memiliki nilai akademis dan atensi yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang berkembang dengan regular. Hal ini menunjukkan pentingnya asupan nutrisi untuk perkembangan anak. Nah, semoga cara mengatasi anak yang susah belajardi atas dapat diterapkan oleh Bunda untuk mendukung proses belajarnya.

Jika belum, mulai hari ini kuatkan niat Anda untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak melalui cerita yang Anda bacakan sebelum mereka tidur. Dengan demikian anak sudah belajar beradaptasi dengan beragam kondisi dan situasi yang berbeda. Menetapkan disiplin dan konsekuensi apabila anak berbuat salah menjadi salah satu cara untuk membentuk anak menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas namun juga tahu cara mengendalikan dirinya sendiri. Dengan demikian ia pun akan belajar untuk mengendalikan kecerdasannya sendiri juga. Kecerdasan emosional dan psychological anak juga tidak kalah pentingnya, karena itu sangat baik jika anak hidup dalam lingkungan yang harmonis dan aman. Jagalah suasana yang kondusif dan harmonis antar anggota keluarga untuk mendukung kecerdasan emosional anak dan menghindari dampak anak sering dimarahi.

Anak yang sering dibacakan buku secara membuat interaksinya dengan buku semakin dekat, hingga lambat laun anak akan semakin akrab dan senang untuk membaca. Selain itu, anak juga akan mengenal bentuk huruf dan membaca setiap huruf yang berbeda bentuk tersebut. Hal ini pastinya akan mempermudah orang tua untuk mengajari anak ke tahap selanjutnya. Kita tidak boleh terlalu memaksa anak menguasai banyak kemampuan sekaligus dalam waktu singkat. Terutama jika guru terlalu banyak memaparkan materi, siswa akan mudah bosan dan semakin tidak tertarik mempelajari bahasa Arab lebih dalam. Misalnya untuk usia anak Sekolah Dasar, dalam sehari guru dapat memberikan lima kosakata seputar perlengkapan yang ada di sekolah.

Yang penting dari sekolah adalah belajar dan pilihlah tempat yang dirasa akan menyamankan anak dalam belajar. Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membiayai pendidikan anak di tempat yang bergengsi karena sejatinya pendidikan tidak mengenal tempat namun niat. Jika anak sudah terlihat terbiasa memegang pensil dan kertas, Anda bisa menerapkan cara mengajari anak menulis selanjutnya. Anda pasti mengerti kenapa anak balita sulit sekali membuat huruf. Sekilas, kemampuan tersebut tidak ada hubungannya dengan belajar menulis.

Anak dengan gaya belajar membaca dan menulis, gampang memahami materi pelajaran dalam bentuk tulisan dan ditandai dengan kegemarannya untuk mencatat di buku cetak ataupun catatan. Ingat, dalam mengajari anak belajar membaca tidak perlu dilakukan dengan buru-buru. Mulailah dengan sedikit-sedikit kenalkan huruf, misalnya 5 huruf dalam sehari. Sesekali juga bisa memberikan tes bentuk huruf kepada anak agar mereka bisa lebih cepat mengingatnya.

Membuat anak mudah mengerti

Pergaulan bebas adalah salah satu penyebab dari rusaknya ethical anak bangsa. Sehingga mereka akan kehilangan akhlak baik yang seharusnya dimiliki. Bukan hanya itu, pergaulan bebas juga dapat menimbulkan kekhawatiran para orang tua. Usia remaja yang masih labil memang akan sangat mudah untuk dibodohi pergaulan. Dolanan tradisional bukan hanya sekedar permainan yang akan memberi dampak gembira. Manfaat itu di antaranya adalah melatih kecerdasan otak serta motorik anak dan bisa membentuk karakter pada anak.

Comments are closed.