Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dalam Pembelajaran

Written by Gyunam on June 30, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Bila dipintas sejenak ketika menjadi utusan Allah, dalam masalah anak yatim, Muhammad noticed pernah mengatakan, orang yang suka memelihara anak yatim di surga akan dekat bersamanya. Kemudian dalam masalah muru’ah, beliau mendorong umatnya agar tidak menjadi pengemis sebagaimana sabdanya “Bahwa seorang yang pergi mencari kayu ke hutan dan menjualnya untuk memenuhi hidupnya lebih mulia ketimbang orang-orang yang menjadi peminta-minta”. Dan untuk melihat lebih jauh seperti apa materi-materi serta prosespembelajaran Muhammad saw dalam kelas masyarakatnya dengan metode partisifatorisdan position playing, dapat diuraikan sebagai berikut. Kemudian timbul pertanyaan; bukankah orang-orang Quraisy juga melakukan ritual haji seperti itu?

Selain itu, dalam pikiran anak-anak, lebih mudah menjelaskan sesuatu dalam bentuk deskripsi yang imajinatif dibanding dengan menjelaskan konsep yang berkaitan dengan fakta. Maka dari itu, cerita anak dan dongeng adalah salah satu metode yang paling sesuai untuk menjelaskan sesuatu kepada anak. Ternyata hasil penelitian Cecil Hardwood seorang guru Waldorf, dalam kumpulan jurnal Pendidikan Waldorf menyebutkan bahwa anak sedari umur tiga tahun sudah mulai menanyakan hal-hal yang bersifat mendasar dan luas, seperti layaknya seorang filsuf. Sesungguhnya, pertanyaan-pertanyaan ini bukan karena mereka ingin mengetahui pengetahuan tentang konsep kehidupan.

Menjelaskan bahwa guru dalam mem­peroleh pengetahuan dan keterampilan hanya mela­lui program sosialisasi. Da­lam konteks birokrasi pro­gram sosialisasi lebih ditu­jukan untuk persamaan per­sepsi dalam pelaksanaan suatu program daripada peningkatan kompetensi. Artinya guru belum men­dapat bekal kompetensi yang memadai dalam me­nga­jar Anak Berkebutuhan Khusus pada seko­lah penyelenggara inklusi.

Cara untuk menanggapi pertanyaan kritis dari anak

Selain itu guru atau konselor diharapkan mampu mendeteksi batasan diskusi. Guru atau konselor dapat menghargai batas-batas privasi peserta didik. Jika terjadi situasi demikian, guru atau konselor diharapkan dapat memfasilitasi diskusi di ruang lain yang dirasa nyaman bagi peserta didik. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul.

Para siswa berasal dari lingkungan keluarga yang bervariasi dan memiliki kemampuan yang berbeda. Dalam PAKEM perbedaan individual perlu diperhatikan dan harus tercermin dalam kegiatan pembelajaran. Semua anak dalam kelas tidak selalu mengerjakan kegiatan yang sama, melainkan berbeda sesuai dengan kecepatan belajarnya. Anak-anak yang memiliki kemampuan lebih dapat dimanfaatkan untuk membantu temannya yang lemah .

Buat orang tua yang kadang kewalahan dengan pertanyaan anak soal kenapa, kenapa, dan kenapa, Psikolog Ikhsan punya ideas ampuh untuk menjawabnya. Kesalahan yang umum dilakukan orang tua adalah menjadi panik dan marah ketika tidak bisa menjawab pertanyaan anak, sementara anak terus mendesak mereka untuk menjawabnya. Padahal, orang tua bisa melakukan lima trik berikut ini untuk menghadapi pertanyaan sulit dari anak. Selain itu orang tua juga harus siap dengan segala ‘medan’ saat mengajak buah hati ikut serta. Misalnya saja saat berada di bioskop yang mewajibkan anak harus duduk tenang. Vera menambahkan orang tua juga bisa balik bertanya ketika anak berulang kali menanyakan hal yang sama.

Dari pengalaman pelajar Indonesia yang belajar di Timur Tengah tentunya tidak sulit untuk melacak dari mana asal usul pendidikan madrasah di Indonesia kemudian. Dinamika pendidikan Islam sedang menghadapi arus zaman yang semakin kompleks, dan dinamis. Arus gelombang zaman yang datang dapat menggulung siapa saja yang tidak bisa bertahan dan beradaptasi dengan baik.

Pada akhir bulan guru merekap hasil penilaian yang tercantum pada buku penghubung, dan memberikan kategori tertentu, misalnya kategori “siswa terbaik gemar berinfaq,” “siswa terbaik akhlaknya,” dan “siswa terbaik gemar beribadah”. Hasil rekap dan kategori ini nantinya akan dibacakan atau diumumkan pada moment acara “peserta didik terbaik”. Sebelum pelajaran dimulai siswa diajak melakukan senam otak, dan memberikan sugesti-sugesti positif tentang senangnya belajar sehingga siswa akan dapat memperoleh semangat dan mempunyai anggapan dan keyakinan bahwa belajar itu sangat menyenangkan. Memberikan tugas otentik melibatkan information terstruktur untuk mendorong berpikir reflektif selama kegiatan belajar. kegiatan kelas harus relevan dengan situasi dunia nyata dan memberikan pengalaman yang terintegrasi. panduan belajar harus diintegrasikan ke dalam bahan kelas untuk mendorong siswa merefleksikan pembelajaran mereka.

Menurut Mahmud Yunus kurikulum yang diajarkan di Madrasah Nizamiyah adalah ; Al-Qur’an, Sastra Arab, Sejarah Nabawiyah, Fikih, Ushul Fikih dengan menitik beratkan pada mazhab Syafi’I dan teologi Asy-‘Ariyah. Selanjutnya, pola dasar pembangunan Nizamiyah menurut Charles Michael Staton, Madrasah ini terpisah dari bangunan masjid. Berarti pendidikan tinggi ini telah mengambil bentuk maju mannequin universitas modern. Kegiatan pembelajaran disediakan khusus hampir mirip dengan bentuk klasikal.

Sejak awal Nabi Muhammad noticed tidak memperkenalkan ilmu-ilmu dalam bentuk dikotomis , sebab, sumber ilmu hanya satu yaitu Allah al-‘Aaliim . Sedangkan pokok atau dasar bangunan keilmuan yang sebenarnya belum mapan. Masa kemunduran ini kekeuasaan dipegang sepenuhnya oleh sultan-sultan Seljuq , sedangkan khalifah hanya sebatas symbol kekhalifahan. periode sebelum watafnya al-Mutawakkil masih dianggap stabil untuk pengembangan pendidikan Islam dan ilmu pengetahuan. Metode-metode penterjermahan juga sudah mulai dikembangkan dalam rangka mengatasi berbagai macam kesulitan yang ditemui saat proses penerjemahan.

Comments are closed.