Mual Muntah Saat Kehamilan Trimester Three, Apa Yang Salah?

Written by Gyunam on June 28, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Suara yang keras dan sinar terang juga dapat memicu perasaan tidak nyaman bagi beberapa bumil. Terapi pijat dapat membantu meredakan mual dengan membuat bumil merasa lebih rileks dan nyaman. Cobalah pijat bagian pergelangan tanganmu, pangkal ibu jari, telapak kaki, serta punggung.

Metode ini bisa menjadi cara mengatasi mual saat hamil dengan pendekatan medis. Ditambah lagi, makanan kecil lebih mudah dicerna dan cenderung tidak memicu mual dan mulas, gejala kehamilan klasik lainnya. Cara mengatasi mual saat hamil yang pertama adalah dengan mencium bau yang segar. “Mual saat hamil seringkali dikaitkan dengan bau yang tidak sedap,” kata Miriam Erick, ahli gizi dan ahli gizi senior di Brigham and Women’s Hospital di Boston, sekaligus penulis. Ada banyak berbagai hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi mual saat hamil, baik itu secara alami maupun dengan medis seperti penggunaan obat atau multivitamin. Oleh sebab itu, gejala mual dan muntah ini juga sering kali disebut sebagai morning sickness.

Cara mengatasi mual mual pada saat trisemester

Penderita hiperemesis gravidarum harus diberi perawatan medis,’’ tutur dr Stella. Obat infus untuk mengobati hiperemesis gravidarum meliputi antihistamin, antagonis dopamin, antagonis serotonin, klorpromazin, dan glukokortikoid. Pengobatan ini sering diberikan bersamaan dengan cairan, vitamin, dan mineral yang berada di bawah pengawasan medis secara ketat. Selain dari faktor hormonal dan fisik, ibu hamil juga gampang merasa masuk angin saat mengonsumsi makanan tertentu. Seperti dilansir Baby Centre, angin adalah produk sampingan saat bakteri di usus besar memecah makanan yang tidak tercerna di perut.

Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter mama sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan mama konsumsi. Dan dokter mama mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan. Wanita yang sedang hamil kemudian mual dan muntah-muntah akan sulit untuk makan, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan si janin sebab kurang mendapatkan gizi dari sang mama. Oleh karena itu, walaupun muntah saat hamil dalam kategori wajar, akan tetapi hal tersebut tetap harus diperhatikan agar gizi sang janin bisa tetap terjaga. Selama hamil, tubuh wanita mengalami perubahan fisik dan hormonal.

Banyak ibu hamil yang mudah merasa mengantuk di tengah melakukan kegiatan. Tiduran dalam keadaan kenyang bisa membuat mual semakin parah. Ibu hamil mulai merasakan mual pada minggu awal kehamilan hingga mencapai puncaknya pada minggu ke-9.

Pastikan Ibu beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku atau majalah tentang bayi. Dan apabila Ibu bekerja, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti beberapa hari agar beban pekerjaan tidak semakin meningkatkan perasaan stres. Selain air putih, sumber cairan tubuh bisa didapatkan dari jus buah, air kelapa, teh, atau mungkin dengan makan sup. Menghilangkan dan mengatasi mual saat hamil bisa juga dengan cara perubahan pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Meclizine , dimenhydrinate , dan diphenhydramine termasuk obat-obatan yang terbukti efektif mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Antiemetik adalah obat antimual yang biasa diresepkan sebagai cara untuk mengatasi serta menghilangkan mual saat hamil.

Salah satu perubahan hormonal bisa menyebabkan mual dan muntah. Mengonsumsi lebih banyak makanan per hari dengan porsi yang lebih kecil dapat membantu mengatasi mual, terutama yang mengandung karbohidrat tinggi, Bunda. Menurut American Pregnancy Association, ketidakseimbangan elektrolit bisa terjadi karena hiperemesis gravidarum. Kondisi yang dialami ibu hamil pada trimester awal ini lebih berat dari morning illness. Akupresur adalah penerapan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mengendalikan kondisi tertentu yang dialami tubuh.

Seperti lemon atau rosemary untuk mengurangi rasa mual saat hamil muda. Kondisi tiap wanita hamil berbeda-beda, namun umumnya rasa mual akan hilang setelah usia kehamilan 12 minggu atau setelah trimester pertama berakhir. Peningkatan kadar hormon estrogen dan sensitivitas terhadap aroma atau bau tertentu pun dapat memicu terjadinya rasa mual pada ibu hamil. Makanan dan minuman yang memiliki rasa kecut seperti Air jeruk, minuman mengandung karbonat juga dapat mengurangi rasa mual. Sebenarnya, belum ada penelitian resmi yang menjelaskan hubungan antara makanan kering dengan mual. Tapi, jenis kudapan ini bisa membantu Anda mengisi perut kosong yang bisa membuat mual semakin parah.

Untuk posisi tengkurap juga tidak disarankan bagi ibu hamil karena bisa menekan organ tubuh dalam dan mengakibatkan Moms bisa terkena sesak nafas. Berbaring dan mengatur napas dapat membuat tubuh dan otot lebih rileks dan meredakan rasa mual. Selain baik untuk meredakan mual, cara ini juga bisa digunakan untuk menenangkan diri. Konsumsi vitamin c juga dapat mencegah dan mengurangi rasa mual. Selain sebagai sumber gizi, nutrisi juga baik untuk mengatasi masalah mual.

Tuang ke dalam teko berisi air dingin lalu tambahkan daun peppermint untuk memberikan rasa yang lebih segar. Anda bisa mendapatkan asupan gizi ini dengan mengkonsumsi hati ayam, rumput laut, kacang kedelai, serta sayur-sayuran hijau seperti brokoli, selada, dan asparagus. Sedangkan dari buah-buahan bisa Anda dapat dengan mengkonsumsi alpukat, jeruk, dan pisang. Untuk membuat Anda merasa tenang dan meredakan rasa mual, Anda dapat menggunakan aromaterapi. Selain vitamin b6, ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak asupan protein. Jika kebutuhan cairan terpenuhi, suhu tubuh akan terjaga dengan baik.

Comments are closed.