Layanan Pelanggan

Written by Gyunam on February 22, 2021 in LIP with no comments.

Jika kamu telah melakukan semua hal di atas, saatnya kamu untuk lanjutkan bisnismu. Jadikanlah komplain customer atau keluhan tersebut menjadi sebuah pembelajaran agar bisnismu makin maju ke depannya. Tentu saja, hal kedua yang wajib kamu lakukan jika mendapatkan keluhan dari konsumen ialah mendengarkan setiap keluhan mereka. Semua orang yang merasa kecewa dengan sesuatu tentu ingin selalu didengarkan. Maka dari itu, berikan waktu kepada pelangganmu untuk mengungkapkan semua keluhannya kemudian baru kamu berikan komentar. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah tetap tenang ketika mendapatkan berbagai macam komplain dari pelangganmu.

Penurunan harga tidak selalu meningkatkan penjualan, meskipun pasti akan menekan margin. Tim Support dan Customer Service IDCloudhost bekerja setiap hari untuk memberikan layanan terbaik untuk kebutuhan Website Anda. Untuk bisa mengatasinya, maka mempelajari ideas menghadapi pembeli yang tidak sabaran di atas bisa menjadi alternatif solusinya. Terutama untuk pihak admin yang berinteraksi langsung, pelanggan yang berkelakuan buruk dapat membuat seseorang tertekan secara mental. Setiap pebisnis tentu memiliki aturannya masing-masing, salah satunya adalah perlunya mempertimbangkan untuk mempertahankan pelanggan atau tidak. Bahkan meskipun kemarahan tersebut hanya dituangkan dalam bentuk teks, atau pesan suara saja.

Bagaimana cara menangani pelanggan dengan tenang

Jadi, orang yang sedang emosi tidak dapat berpikir secara logis, Anda harus memastikan bahwa amarahnya sudah reda dan Anda dapat meng-handle komplain pelanggan Anda dengan baik. Bersikap tenang bisa mempengaruhi emosi pelanggan untuk menurun dengan sendirinya. Sikap tenang ini juga diperlukan untuk mencari solusi terbaik dari keluhan yang diajukan pelanggan. Meskipun begitu jangan pula bersikap terlalu kaku, karena sikap kaku akan memberikan kesan arogan pada pelanggan.

Jika Anda butuh waktu beberapa hari untuk menyelesaikan keluhan konsumen, beritahukan pada mereka dan yakinkan bahwa Anda berupaya untuk membantu mereka. Kemudian, setelah Anda menemukan solusinya, segera observe up agar konsumen tidak menunggu terlalu lama. Semua keluhan yang disampaikan oleh konsumen, wajib Anda selesaikan satu per satu.

Ketika satu pelanggan bergumul dengan suatu masalah, yang lain kemungkinan besar berada dalam situasi yang sama. Era dukungan omnichannel telah membuat penyediaan pengalaman pelanggan yang terintegrasi di seluruh saluran menjadi lebih rumit. Dari satu kalimat saja bisa menyebar kebanyak tempat, bahkan ke calon pelanggan lainnya. Terlebih sekarang period yang sudah serba digital bisa dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Jangan lupa meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan konsumen. Cara menangani pelanggan yang marah merupakan seni berkomunikasi yang harus dikuasai. Sebab, saat itu kita berhadapan dengan pelanggan yang diliputi rasa Kakek Merah frustasi, agresif, dan ketidaksabaran. (UCEO/Samuel)Menghadapi komplain harus dengan tetap berkepala dingin dan bersikap empati. Itulah 15 tipe pelanggan/konsumen yang pasti akan kamu temui dalam menjalankan sebuah bisnis.

Kemarahan merupakan sebuah respon yang sering kali terjadi dimana tidak dapat mempertemukan antara kebutuhan dan harapan konsumen. Kemarahan konsumen dibenarkan disegala situasi yang terjadi namun sering terlihat tidak relevan, itu merupakan realita dan harus ditangani dengan cepat dan effisien sesegera mungkin. Ketika kita menghadapi konsumen aktif yang membandingkan harga, jangan langsung menurunkan harga. Bisa saja itu adalah skenario konsumen untuk mendapatkan harga murah. Kebijakan menurunkan harga harus disesuaikan dengan apakah kita mendapatkan untung atau tidak ketika kita menurunkan harga.

Hal ini dilakukan agar mereka juga bisa ikut bertanggung jawab dan bisa cepat tanggap menangani keluhan. Sebagai suatu respon negatif, keluhan pelanggan pada dasarnya adalah suatu berkah. Sehingga saat seorang pelanggan mengeluh, sebetulnya perlu diperhatikan bahwa ia punya keinginan untuk tetap mendapatkan pelayanan dari penyedia jasa walaupun dia mengalami masalah dalam pelayanannya. Seorang petugas customer support yang baik, seyogyanya menggunakan momentum complain pelanggan itu untuk semakin menguatkan loyalitas pelanggan terhadap produk layanan yang disediakan. Begitu mendengarkan keluhan yang disampaikan pelanggan, kamu pun bisa memahami dengan baik masalah apa yang sebetulnya dihadapi.

Tanpa disadari, situasi ini dapat membuat penjual terbawa emosi. Kalau masalah dengan konsumen bisa dilakukan dengan cepat, maka Anda akan terhindar dari situasi yang akan membuang waktu, dan membebani Anda secara emosional. Meskipun konsumen mungkin akan merasa kecewa, tapi setidaknya Anda sudah berusaha realistis.

Dan ketika pembicaraan sudah selesai, rangkumlah semua pembicaraan anda dan ajukan beberapa pertanyaan untuk memperjelas situasinya sehingga anda dapat membuat solusi untuk diberikan kepada pelanggan. Jika ada komplain yang berulang-ulang maka itu adalah alarm Anda untuk mengevaluasi lebih dalam lagi. Sebab, itu adalah bukti bahwa ada yang hal yang perlu diperbaiki lagi dari produk atau pelayanan bisnis Anda ke pelanggan.

Comments are closed.