Bisnis Ternak Lele, Benih Berkualitas Menjadi Salah Satu Kunci Panen Besar

Written by Gyunam on February 21, 2021 in LIP with no comments.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah untuk dipelihara, karena jenis ikan lele sangat kuat untuk hidup dalam kondisi air apapun. Namun, hal itu bukan berarti mengabaikan kualitas air yang dipakai. Semakin baik kualitas air, maka semakin baik pula pertumbahan ikan lele. Sebelum benih ikan lele ditebarkan, kolam harus dikeringkan telebih dahulu. Lama pegeringan berkisar 3-7 hari atau bergantung pada teriknya sinar matahari. Sebagai patokan, apabila permukaan tanah sudah retak-retak, kolam bisa dianggap sudah cukup kering.

Bagaimana cara berternak lele

Kwalitas tidak dipisahkan, ikan lele ukuran kecil akan lambat dalam pertumbuhannya,serta dapat mengurangi risiko ikan lele besar memangsa ikan lele kecil. Namun bukan berarti Anda bisa membiarkan ikan lele hidup dalam kondisi air yang kotor. Justru jika Anda ingin kualitas hidup ikan lele lebih unggul maka perhatikan kualitas airnya pula. Pemeliharaan kolam seperti membersihkan kolam, mengontrol air menjadi lebih mudah. Membersihkan kolam terpal dari endapan sisa makanan cukup dengan menyedot bagian dasar kolam saja menggunakan pipa buangan yang dibuat di dasar kolam. Pantau kualitas air dari endapan limbah yang tidak digunakan di dasar kolam.

Cara pemberian pakan ini dilaksanakan supaya lele tetap dapat bergerak aktif sampai-sampai pertumbuhannya lebih pesat. Untuk ternak bisnis lele pemula, maka pastikan indukan yang dipilih sangat berbobot | berbobot | berkualitas yang dapat dilihat dari ciri ciri jasmani lele. Maaf bang, Boleh mintak bimbingan nggak untuk pembesaran ikan lele Sangkuriang dari pemilihan bibit sampai pascapanen.

Segmen yang pertama yaitu pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele dan yang kedua yaitu pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele yang siap dikonsumsi. Dibawah ini adalah tahap-tahap yang perlu kita persiapkan dalam budidaya lele dengan segmen pembesaran. Selain memerhatikan cara pemberian pakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik-baik untuk budidaya ikan lele dalam tong atau drum plastik.

Kolam tandon ini harus selalu mendapatkan air yang langsung dari sumber mata air langsung. Air ini sendiri memiliki fungsi untuk pengendapan air, persediaan air dan penumbuhan plankton. Kolam tandon ini nantinya akan mengalirkan sumber airnya ke kolam yang lain. Dimana si jantan dan si betina pada saat proses pematangan telurnya maka mereka akan dipelihara di kolam tersendiri. Pemisahan ini juga berfungsi untuk mematangkan sel telur dan sel sperma.

Idealnya, untuk melakukan budidaya ikan lele, kolam terpal berukuran 1 meter persegi, yang diisi oleh 200 hingga 300 ekor ikan lele. Hal ini juga sangat berhubungan dan berkaitan erat dengan kualitas air kolam nantinya. Semakin banyak ikan lele dalam kolam, akan semakin membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak.

Misalnya, ikan lele dengan bobot 50 gram memerlukan pakan sebanyak 2,5 gram (5% bobot tubuh) per ekor. Kemudian setiap 10 hari ambil samplingnya, lalu timbang dan sesuaikan lagi jumlah pakan yang diberikan. Dua minggu menjelang panen, persentase pemberian pakan dikurangi menjadi 3% dari bobot tubuh. Membuka peluang usaha ternak dan budidaya ikan lele, tidak serta merta bisa sembarang dilakukan.

Tujuan pengapuran kolam lele ialah untuk menyeimbangkan tingkat keasaman kolam dan membantu memberantas mikroorganisme patogen. Fungsi dari menambahkan gula dan lain sebagainya yaitu untuk memberi makan bakteri didalam kolam tersebut. Kelebihan menggunakan air yang pas akan memudahkan anda untuk mengembangbiakan Agen PAY4D bioflok pada kolam anda. Langkah selanjutny adalah mengisi air untuk kolam tersebut dan juga membuat bioflok. Akhirnya Iwan memilih untuk menggunakan pipa PVC sebagai saluran pembuangan limbah. Meskipun begitu, ketika lele sudah tidak menunjukkan respon aktif terhadap pakan yang dilempar, pemberian dihentikan.

Selain itu, larva ikan lele yang sehat tentu dapat bergerak dengan gesit dan lincah. Secara garis besar ternak lele sama dengan cara beternak ikan lainnya, proses pembesaran lele cukup mudah dan pembesaran lele pun terbilang sangat cepat dan praktis. Saat ini sudah banyak para peternak lele yang menggunakan terpal sebagai media pembesaran Lele. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimum, pemberian pakan ikan lele berupa pelet sangat dianjurkan.

Comments are closed.