5 Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan Dengan Baik

Written by Gyunam on February 22, 2021 in LIP with no comments.

Tatap pelanggan yang sedang bicara dan dengarkan baik-baik apa yang mereka katakan. Lebih baik jika tidak memotong pembicaraan pada saat pelanggan sedangan menyampaikan keluhannya biarkan mereka menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu. Misalnya, Anda bisa menawarkan “sesuatu yang ekstra dan spesial”. Entah itu, berupa diskon potongan harga untuk pembelian berikutnya, hadiah gratis, voucher, souvenir, atau merchandise agar bisa membantu pelanggan Anda merasa lebih senang dan benar-benar dihargai.

Keluhan pelanggan memberitahu kita bahwa ada celah kelemahan dalam produk dan jasa yang kita tawarkan ke pelanggan. Saya lebih suka mengatakan metode atau tahapan menangani keluhan pelanggan daripada mengatakan cara mengatasi keluhan pelanggan. Karena berdasarkan hasil riset pasar pelanggan yang melakukan keluhan dan berhasil ditangani dengan baik kemungkinan untuk tetap menggunakan produk maupun jasa dan memesannya lagi sebesar 70. Catat semua komplain atau keluhan pelanggan yang datang pada usahamu. Kemudian jadikan juga komplain tersebut sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kamu berikan. Kemudian ajak staf kamu untuk turut berkontribusi dalam membedah komplain bersama.

Tanggapi keluhan dengan bijak, tanya pelanggan dengan lebih lembut, lebih rendah dan halus nadanya dan katakan apa yang bisa Anda bantu. Mungkin sipelanggan tidak bermaksud menyerang Anda secara pribadi. Dia hanya merasa kecewa dengan kwalitas produk, harga yang tidak cocok atau tidak puas dengan pelayanan dari perusahaan Anda. Melayani seorang pelanggan atau pembeli secara baik adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Pelanggan merasa puas atas pelayanan anda sedikit banyak akan membuat virus pemasaran terbaik tanpa perintah. Para pelanggan dengan suka rela menceritakan hal-hal yang terbaik atas pelayanan dalam bisnis anda.

Ketika customermulai berteriak dan bersikap kasar, sebaiknya jangan ditanggapi dengan sikap yang sama. Apalagi dengan jawaban yang mungkin akan meningkatkan kemarahan customer. Anda dapat memberikan bonus vocer diskon atau gratis menginap untuk periode lain waktu. Raja harus dilayani sebaik-baiknya, termasuk saat keluhan meluncur dari bibir pelanggan.

Ini bukan tentang penjualan di e mail, tapi tentang tidak membiarkan pelanggan pergi karena kamu tidak bisa menciptakan pesan yang baik bahwa produk perusahaan kamu layak dibeli. Kamu tidak selalu bisa melihat pelanggan secara langsung, bahkan sekarang mungkin kamu tidak bisa mendengar suara mereka. Tapi hal ini tidak membuat kamu terbebas dari keharusan membaca tingkat emosi pelanggan. Ini jadi bagian penting dari proses personalisasi juga, karena kamu perlu mengenal pelanggan untuk bisa menciptakan pengalaman personal untuk mereka. Tanpa mengetahui element produk dari depan ke belakang, kamu tidak akan tahu bagaimana membantu pelanggan ketika mereka mengalami masalah.

Cara itu dapat dilakukan jika penerima komplain sudah menata dirinya,” kata penulis buku Hearty Service itu. Wanita lulusan London School of Public Relations ini Slot Online menambahkan, dalam menghadapi komplain konsumen sebaiknya juga harus cermat. Jangan memberikan tanggapan sebelum mengetahui dengan benar masalah yang terjadi.

Saat pelanggan mengajukan komplain, maka hal pertama yang harus dilakukan olehmu sebagai pengusaha ialah mendengarkan. Sebab, yang mereka inginkan ialah agar keluhan dan komplain yang mereka ajukan dapat didengarkan. [newline]Memang beragam cara yang dilakukan oleh tiap-tiap pelanggan dalam mengajukan komplainnya. Ada yang cukup tenang, namun ada juga yang berapi-api dan berlebihan. Dengan adanya komplain, kamu bisa tahu kekurangan produk atau jasa yang ditawarkan ke pelanggan. Hal itu tentu membuatmu tahu kelemahan bisnismu dan kamu bisa mulai mengimprove atau memperbaiki kelemahan bisnismu. Komplain tidak selalu membuat bisnismu menjadi buruk di mata orang lho TemanKlik.

Bagaimana cara menangani pelanggan dengan tenang

Beberapa perusahaan memang tidak terlalu bergantung pada CS, tetapi perusahaan kecantikan yang berbasis on-line ini tentu sangat bergantung pada CS. Interaksi CS dengan pelanggan memiliki frekuensi dan intensitas yang tinggi, hal ini membuat risiko ketidakpuasan menjadi semakin besar. Pilihan yang banyak tersedia membuat pelanggan mudah berpindah ke perusahaan lain. Peran CS sangat strategis dalam menanggulangi migrasi pelanggan. Intinya, Sahabat Filma harus mampu menjadi persuasif namun tetap memposisikan konsumen sebagai ‘raja’.

Bila seorang pelanggan sangat marah, ia mungkin akan mengatakan sesuatu yang sangat kasar. Menangani pelanggan yang marah merupakan salah satu dari aspek yang paling menantang dalam suatu pekerjaan. Baik berhadapan langsung atau lewat telepon, kemungkinan Anda akan berhadapan dengan rasa frustasi, kemarahan agresif dan ketidaksabaran. [newline]Kunci keberhasilan dalam menangani pelanggan yang marah adalah tetap tenang. Teruskan membaca untuk mengethui cara menangani pelanggan yang marah. Merupakan tujuan penting dari keluhan pelanggan yaitu untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Sebaiknya tawarkan solusi yang tidak akan merugikan kedua belah pihak.

Comments are closed.